About

Photobucket

24 November, 2011

Selayang Pandang Pantai Klayar,Pasir Putih,Watu Karung, di Pacitan

Pesisir selatan pulau jawa memang terkenal memiliki ratusan pantai yang menawan.
Termasuk di dalamanya pantai-pantai di kawasan Pacitan. Pada tanggal 11-14 November 2011, Kami mengadakan reunian angakatan yang telah lama tak jalan bersama. Untuk melepasakan kepenatan, dan kesibukan pribadi kami masing-masing kami mengadakan Tour ke Pacitan.

Kami mengawali dari Pantai Klayar. Melalui rute Jogja-Wonosari-Pracimantoro-Pacitan.

1. PANTAI KLAYAR
Setelah melalui jalan yang menjadi ciri khas deaerah kawasan  karst,dimana jalan penuh degan tanjakan dan tikungan tajam di hiasi pemandangan tebing kapur yang gersang.. Kami tiba di Gerbang  Perbatasan Jawa tengah-Jawa Timur. Dan udara sekitar berangsur angsur bertambah panas. Sebelum tiba di Klayar,sebenarnya kami hendak mampir dulu ke beberapa pantai kecil sebelumnya yang terlewati. antara lain banyunibo ,dll. Tapi karena hujan saat itu mulai turun, kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan.

Setibanya di Pantai Klayar,menunjukan jam 18.15..
Tepat 5 jam perjalanan dari Jogja,disertai dengan kecepatan sedang,dan mampir ngopi di warung di sepanjang jalan, hehehe.... Dan kami pun segera membangun doom(tenda) yang kami bawa. Pada malam hari,sama sekali tidak ada penerangan maupun orang yang berjaga di pantai ini. Mungkin di karenakan karena posisi pantai yang masih jauh dari kota Pacitan.

Pantai Klayar merupakan Pantai wisata yang mulai terkenal. Hal ini di tandai dengan adanya beberapa stasiun TV yang telah meliput. pemandangan nya cukup indah dimana batu-batu koral dan tebing kapur menjadi sekat anatara satu pantai dengan pantai satunya. Pantai ini memang cukup luas,dan terbagi menjadi 3 area.

Berjalan ki sesisi sebelah timur,seetalah mendaki ukit yang cukup panajang,kami di suguhi sisi timur pantai yang berupa tebing-tebing puluhan peter yang langsung berhadapan dengan ganas nya ombak yang yang tepat berada di bawahnya..

Kami lalu berjalan menyusuri petak sawah dan ladang penduduk. Semakin ke timur kami makin mendapatkan pemandangan indah. Padang rumput kering menghiasi mata,dan sampailah kami pada lokasi KARANG BOLONG.

Karang Bolong. Pemandangan yang menakjubkan. Merupakan tonjolan karang yang panjang yang membentang,seolah-olah menjadi sekat pemisah anatar sisi kiri dan kanan. Menurut Legenda penduduk, konon sekutu penduduk Daerah pantai klayar,sedang  bertempur dengan sekutu Pantai Buyutan(sebelah timur pantai Klayar)-pic diatasa foto ini..
Karena saat mereka sedang tempur tenaga dalam,mereka terhalang oleh tonjolan karang panjang yang besar. Mereka pun ahkir nya "mem-bom" bagian tengah karang tersebut dengan tenaga dalam. Maka terbentuk lah lubang besar yang menganga di tengah karang, dan menjadi lokasi yang sekarang disebut Karang Bolong.

2. PANTAI PASIR PUTIH-WATU KARUNG

Letaknya berada lumayan jauh di bagian barat Klayar. Jalan yang dilalui terbilang cukup esktrim. Jalan yang sangat menanjak serta panjang,dan tikungan tajam disertai turunan yang menikuk membuat jalan ini sepi dilalui,karena rawan kecelakaan. Perjalan sekitar satu setengah jam terbayar dengan keindahan pantai Pasir Putih. Pantai ini menyediakan spot area untuk berenang snorkling dan bermain air. Hal ini di sebabkan karena ombak yang berada di pesisir pantai ini hanya berupa ombak pecahan dari lautan yang pecah oleh karang yang berada di tengah tengah. Walaupun di pantai ini terdapat penginapan/villa,namun sayangnya saran yang tersedia untuk pengunjung masih kurang. Dengan potensi lautnya,seharusnya akan lebih baik bila diadakan persewaan berenang,snorkling,papan surfing,maupun ban. Karena pantai ini sangat memiliki potensi wisata yang sangat besar. Yang dapat menguntungkan Pemda dan masyarakat sekitar.

Tapi,kami sangat puas dengan Pantai ini. Seharian Kami berenang,memancing dan bercanda. Sungguh besar kuasa Tuhan menciptakan alam yang begitu indah.. :)

-Saat Sunset di Pasir Putih-

Saat siang Pagi Menjelang............

"Kebersamaan itu sesuatu yang tak ternilai..
Hargailah waktu dan kesempatan yang ada sekarang, Karena esok mungkin kita telah tak bersama.."