About

Photobucket





24 Januari, 2012

Ternyata Warna Piring Dapat Mempengaruhi Porsi Makanan

Ketika diberi piring ukuran besar, orang cenderung untuk menaruh makanan lebih banyak. Ini berakibat jumlah makanan yang dimakan lebih banyak pula. Piring besar ternyata menjadi salah satu sebab ukuran pinggang jadi lebar!

Penelitian mengenai ukuran piring dan pengaruhnya dengan berat badan sudah dilakukan. Karenanya ahli diet selalu menyarankan untuk makan dengan ukuran piring yang kecil. Bagaimana jika warna piring yang digunakan berwarna-warni? Ternyata kita dapat menyiasati porsi makanan dengan mengganti warna piring yang dipakai untuk makan. 

Penelitian yang dilakukan oleh Brian Wansink, seorang pakar perilaku makan, menggunakan responden sebanyak 60 orang dewasa. Sebanyak 30 orang dari responden yang menghadiri makan siang ditugaskan untuk memilih menu pasta yang diberi saus berwarna putih. Sedangkan responden yang lainnya ditugaskan untuk memilih menu dengan saus pasta berwarna merah.

Responden secara acak diberikan piring berwarna merah dan putih. Mereka yang menggunakan piring yang sama dengan warna makanan akan membuat mereka mengambil makanan lebih sedikit. Sedangkan mereka yang mengambil makanan dengan warna berbeda dengan piringnya akan mengambil makanan lebih banyak. 

Temuan tersebut telah tercatat dalam Journal of Consumer Research. (Koert van Ittersum and Brian Wansink, "Plate Size and Color Suggestibility: The Delboeuf Illusion's Bias on Serving and Eating Behavior"). Mereka memberi catatan, jika membeli piring bukan hanya ukuran yang penting tetapi juga pemilihan warna piring.







0 komentar:

Posting Komentar

silahkan yang ingin ngobrol atau berkomentar disini :

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More